Date:September 22, 2015

Dell Indonesia

Dell Inc (sebelumnya Dell Computer) adalah sebuah perusahaan multinasional Amerika yang bergerak di bidang teknologi komputer. Perusahaan yang didirikan oleh Michael Dell pada tahun 1984  ini berkantor pusat di Round Rock, Texas, Amerika Serikat. Perusahaan ini mengembangkan, menjual, dan memperbaiki komputer dan produk dan jasa terkait. Perusahaan ini adalah salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, yang mempekerjakan lebih dari 103.300 orang di seluruh dunia. Dell terdaftar di nomor 38 dalam daftar Fortune 500. Pada tahun 2012 perusahaan ini menjadi vendor PC terbesar ketiga di dunia setelah HP dan Lenovo.

Ketika Michael Dell awalnya membentuk PCs Limited, ia masih menjadi mahasiswa University of Texas di Austin. Kamar asramanya menjadi markas perusahaan pada saat itu. Di sanalah Michael menjual komputer IBM PC. Michael akhirnya memutuskan untuk berhenti kuliah dan fokus penuh pada bibit bisnis komputer ini setelah ia mendapat sekitar $ 300.000 sebagai ekspansi modal dari keluarganya.

Sejak tahun 1997 sampai 2004, Dell mengalami pertumbuhan yang stabil dan memperoleh pangsa pasar dari pesaing bahkan selama kemerosotan industri. Dari tahun ke tahun, yaitu selama pertengahan-akhir tahun 90an sampai tahun 2001, tepatnya sebelum Windows XP dirilis,  Dell sukses dalam mencapai dan mempertahankan peringkat # 1 dalam kehandalan PC dan layanan pelanggan/ dukungan teknis menurut Consumer Reports.

Pada tahun 1996, Dell mulai menjual komputer melalui website, dan pada tahun 2002, memperluas lini produknya termasuk televisi, handheld, pemutar audio digital, dan printer. Akuisisi pertama Dell terjadi pada tahun 1999 dengan pembelian ConvergeNet Technologies. Dell juga mampu melampaui Compaq yang menjadi produsen PC terbesar pada tahun 1999. Pada tahun 2002, ketika Compaq bergabung dengan Hewlett Packard untuk mengambil posisi teratas, Dell tetap berjuang untuk memimpin industri ini.

Pada tahun 2003, perusahaan ini berganti merek sesederhana “Dell Inc” untuk mengenali ekspansi perusahaan di luar komputer. Pada tahun 2004, Michael Dell mengundurkan diri sebagai CEO meski tetap menjadi Ketua Dell Inc. Posisi CEo-nya ia serahkan kepada Kevin Rollins yang pernah menjadi Presiden dan COO sejak tahun 2001. Di bawah Rollins, Dell mulai mengendurkan hubungannya dengan Microsoft dan Intel, dua perusahaan yang bertanggung jawab atas dominasi Dell dalam bisnis PC. Dalam selang waktu itu, Dell mengakuisisi Alienware, yang memperkenalkan beberapa item baru untuk Dell , termasuk AMD mikroprosesor. Untuk mencegah produk silang pasar, Dell terus menjalankan Alienware sebagai entitas yang terpisah, namun masih anak perusahaan sepenuhnya.

Selama lebih dari 28 tahun, Dell terus mendorong banyak orang, masyarakat dan pelanggannya di seluruh dunia  untuk menggunakan teknologi demi mewujudkan impian mereka.

Riset dan Analisa oleh Kustin Ayuwuragil D.

Sumber : http://profil.merdeka.com/mancanegara/d/dell/